Kampung Wisata : wisata PENDIDIKAN




















Permukiman nelayan penyangga Taman nasional Ujung Kulon  Banten ini, sangat cocok untuk kegiatan bagi pelajar. 
Berbagai aktifitas nelayan serta penduduk yang bermukim di Kampung Wisata Cipanon ini dapat diangkat sebagai materi BELAJAR DI ALAM TERBUKA.

Sebut saja aktifitas nelayan yang merajut jaring, menjala ikan, menangkap ikan dengan 'sero', aktifitas di tempat pelelangan ikan, memancing, dsb yang dikemas menjadi Paket Wisata yang menyenangkan.

Proses membuat substrat untuk pencangkokan/transplantasi karang sampai dengan proses penanaman di laut lepas, akan menjadi rangkaian aktifitas yang kental dengan nilai pendidikan. Sekaligus sebagai upaya menstimulasi kepedulian terhadap pelestarian alam.



















Belum lagi, potensi Kampung Cipanon yang terkenal dengan hasil Kebun Kakao ( Pohon Coklat) yang sempat mendapat penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di kebun coklat Cipanon ini, kita akan mengetahui dengan detail, tanaman penghasil coklat yang sering kita nikmati. Mulai dari proses pembibitan, penanaman, perawatan tanaman, panen, proses fermentasi, sampai dengan penjualan biji buah coklat, merupakan atraksi seru kental dengan nilai pendidikan.

Pilihan wisata pendidikan yang dikemas antara lain :
- Wisata Konservasi : Conservation Adventure to Finding Nemo
- Wisata Perjalanan : Krakatau & Ujung Kulon Field Trip
- Wisata Budaya : Baduy Field Trip, Cikadu Field Trip
- Wisata Kampung : Cacao Trekking, School of Rock, 
- dsb.





















Untuk kebutuhan akomodasipun, tidak perlu khawatir. Sadar wisata dari sebagian besar penduduk di Kampung Wisata Cipanon sudah timbul. Beberapa rumah penduduk sudah menjadi HOMESTAY. Sehingga bagi pelajar yang berwisata di Kampung Cipanon, sekaligus ingin menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung, alternatif akomodasi murah ini dapat dipilih.
Untuk kegiatan seni budayapun dapat dipelajari, mulai dari belajar main alat degung, sampai belajar tari tradisional.





Tidak ada komentar: