Kampung Wisata Outbound : Sun Rise Boat Trip & Wisata Burung Camar




Wisata Memberi Makan Burung Camar merupakan salah satu rangkaian kegiatan Wisata Berkebun di Laut yang dikemas dalam paket outbound thema "The Treasure Hunt".

Kegiatan unik di Tanjung Lesung ini kadang tidak ditemui pada saat tertentu. Sekumpulan burung laut ini bermigrasi.

Berikut deskripsi kegiatan Wisata Burung Camar, yang di kemas di Kampung Wisata Outbound di perairan dekat Ujung Kulon dan Karakatau ini :



Matahari belum menampakan sinarnya, nelayan Kampung Cipanonpun bersiap-siap menuju ke laut menggunakan sampan. Seiring dengan aktifitas nelayan, rombongan wisatawan pun mulai menaiki kapal.
Aktifitas nelayan yang terlihat bagai lukisan siluet menjadi pemandangan yang indah. Kapal motorpun mulai buang sauh menuju tengah laut. Semburat sinar matahari yang perlahan naik, membentuk panorama 'sun rise' yang sangat indah.

Beberapa wisatawanpun mengabadikannya dengan kamera yang mereka bawa. Selama perjalan, sang pemandu menjelaskan berbagai alat tangkap tradisional nelayan, seperti 'sero', 'bagan', 'keramba', dsb.
Sesaat kemudian kapalpun merapat pada salah satu alat tangkap 'sero', beberapa anak buah kapal menaiki alat tangkap yang terbuat dari bambu tersebut, sebagaian rombongan ada yang ikut terlibat, jaring diangkat....... berbagai jenis ikan dan beberapa jenis biota lautpun berloncatan. Teriakan seru terdengar dari pengunjung..........
















Aktifitas yang ditunggu-tunggupun mulai. Saat kapal melaju pelan, pengunjung melempar ikan-ikan kecil ke udara. Beberapa detik kemudian burung-burung camar terbang menghampiri. Merekapun beratraksi menangkap ikan-ikan yang jatuh ke laut.
Namun pada musim-musim tertentu kawanan burung ini bermigrasi, sehingga atraksi mereka kadang istirahat sesaat.

Rangkaian kegiatan lain :
- Berkebun di Laut (Konservasi Alam)
- Fun Games & Free Time di Pulau Liwungan
- Wisata Budaya Nelayan


LAPORAN PERJALANAN WISATA - WARTAWAN RUSIA
Beberapa laporan perjalanan yang dibuat oleh wartawan Rusia - Mikhail V Tsyganov
yang berkunjung ke kampung wisata Tanjung Lesung ini pada bulan April 2008 :

Tidak ada komentar: